Minggu, 05 Februari 2012

Cara Fokus di Bisnis online


Bagaimana cara fokus di bisnis online ?
Inilah pertanyaan sekaligus batu sandungan yang sering menghinggapi pemain bisnis online, memang kelihatannya masalah cara fokus ini sederhana dan sepele tapi para prakteknya tidak sedikit orang yang dibuatnya tersungkur-sungkur yang kemudian mundur dari arena bisnis ini.
Hanya mereka yang memiliki fondasi bisnis yang kuat yang akan bisa bertahan melewati semua. Seperti kita tahu di belantara internet ada berbagai macam peluang bisnis termasuk godaan-godaan tulisan yang kadang sering menggoda untuk menindaklanjutinya.
Padahal urusan satu belum selesai, karena terlena dengan suatu iklan akhirnya pindah ke urusan yang lain. Inilah kadang yang sering mengganggu orang yang pada akhirnya konsentrasinya menjadi terbelah dan fokusnya menjadi hilang. Mudah-mudahan dengan adanya artikel setidaknya bisa mengingatkan dan mengatasi masalah ini.
Berikut beberapa tips dan cara agar fokus di bisnis online:

# Cari dan tentukan Model Bisnis yang Sesuai Minat
Pada bagian ini Anda perlu mencari model bisnis yang sesuai dengan karakter dan jiwa Anda.
Mengapa harus demikian ?
Biasanya bisnis yang tidak sesuai minat dan jiwa seseorang akan sulit untuk berkembang. Bagaimana tidak, ia menjalankan bisnis hanya dengan setengah-setengah. Padahal bisnis itu sendiri perlu yang namanya penjiwaan dan pendalaman.
Artinya apa ?
Anda harus sepenuh hati mencintai pekerjaan yang Anda lakukan. Jika Anda sudah cinta dengan pekerjaan Anda, maka rintangan apapun yang ada akan mudah untuk di atasi.
Memang ada juga  orang yang menjalankan bisnis dengan awal mula yang tidak cinta namun kemudian jatuh hati kepadanya. Dan hal seperti ini tidak akan Anda temukan kecuali menggalinya terlebih dahulu kemudian menyesuaikan dengan jiwa dan karakter sesorang.
# Petakan Master Action Plan (MAP)
Bila Anda sudah menemukan bisnis online yang pas dengan karakter, maka selanjutnya adalah fokus membuat peta rancangan bisnis yang sudah mantap dengan jiwa Anda.
Master action plan akan membantu membuat fokus pekerjaan Anda lebih mudah. Dengan master action pula Anda seolah-olah tidak berjalan dan berputar-putar dalam tempat karena semua ada ujung dan akhirnya dan ini membuat fokus akan lebih terarah seperti program pembelajaran bisnis Mr Action.
# Beri Batas Waktu
Masalah batas waktu ini sebenarnya sudah termasuk dalam ranah master action plan, tapi perlu saya tekankan lagi di sini bahwa dalam membuat master action plan Anda harus membuat batas waktu yang kira-kira ideal dan realistis untuk mencapai terget.
Dalam pemberian batas waktu ini Anda bisa membuat sebuah permainan yakni dengan memberikan reward apabila Anda dapat mencapai target dan memberikan sanksi (hukuman) bila tidak bisa menepati (mencapai) target tersebut.
# Disiplin Terhadap Rencana
Sekarang semua rencana dan konsep rancangan telah dibuat, tugas selanjutnya yang tak kalah berat adalah mengenai masalah disiplin dan mematuhi semua rencana yang telah dibuat.
Tak jarang orang telah membuat sebuah konsep yang matang bahkan sangat bagus, tapi setelah konsep itu jadi dan memasuki babak pertengahan jalan ternyata ada hambatan di mana konsep yang yang sudah dibuat matang tersebut tak sesuai dengan harapan, akhirnya ia membelot dan beralih ke peluang lain.
Displin waktu juga tak kalah pentingnya. Dalam konsep disebutkan bahwa minimal waktu untuk mengerjakan dalam 1 hari adalah 3 jam, tapi karena melanggar disiplin akhirnya nggak sampai waktu yang ditentukan  sudah ogah-ogahan.
Inilah yang membuat konsentrasi hilang dan perhatian sudah tidak karu-karuan yang membuat fokus banyak bercabang dan pada akhirnya gagal semua rancangan. Mudah-mudahan saja kita semua bisa mengatasi masalah ini.
sumber: kuncimarketing.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar